Harga emas tembus level tertinggi

Kontrak emas naik ke level tertinggi untuk kesembilan kalinya sejak pertengahan September dipicu oleh penurunan dolar yang mendorong permintaan logam mulia sebagai investasi alternatif.

Harga emas menembus level tertinggi sepanjang sejarah di New York sebesar US$1.314,80 per ounce. Perak juga menguat US$22 per ounce. Dolar anjlok ke level terendah sejak Januari atas mata uang utama lainnya, menyusul spekulasi Federal Reserve yang terus memperlonggar kebijakan moneter guna menahan kemerosotan perekonomian AS.

“Suasana kompleks yang sedang kami alami saat ini bersumber pada persepsi bank sentral yang akan menjalankan aksi akomodasi jilid kedua,” kata Jon Nadler, analis senior Kitco Inc di Montreal.

Kontrak emas untuk pengiriman Desember naik US$0,2, atau 0,2%, menjadi US$1.310,30 di Comex New York.

Emas untuk pengiriman segera juga naik ke US$1.313,45. Harga telah naik 19% sepanjang tahun ini.

Perak untuk pengiriman Desember menguat 24,5 sen atau 1,1% menjadi US$21,952 per ounce di Comex. Sebelumnya, harga pernah mencapai level US$22,075, level tertinggi sejak Oktober 1980. Harga tersebut telah menguat 30% sepanjang tahun 2010.

Selanjutnya, kontrak platinum untuk pengiriman Januari naik US$15,90 atau 1% menjadi US$1.656,60 per ounce di New York Mercantile Exchange. Palladium untuk pengiriman Desember naik US$6,85 atau 1,2% menjadi US$567,30 per ounce.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: